Saking Hobinya, Rumah Fenita Arie Dipenuhi Kaktus Mahal

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

VIVA   –  Selama pandemi, tak sedikit artis yang tiba-tiba hobi memelihara tanaman hias. Sebut saja Titi Kamal, Yuni Shara, Angela Gilsha, Tya Ariestya, Ririn Ekawati, Soimah dan masih penuh lagi.  

Biar dengan presenter cantik, Fenita Arie. Bukan tanaman hias biasa, istri dari Arie Untung itu memelihara berbagai jenis kaktus. Melalui channel Youtube-nya, Fenita menceritakan awal pokok ketertarikannya dengan kaktus.

“Kenapa aku jadi tertarik setara kaktus dan sukulen ini, sebab pertama perawatannya gampang banget. Dia adalah tanaman yang gak menetapkan neko-neko, perawatan ini itu, jadi dia lebih suka panas, terus dia sukanya kering, ” ujarnya di channel Youtube CERITA UNTUNGS, dikutip VIVA.

Wanita yang juga berperan sebagai model itu mengatakan, pelan-pelan dia membeli satu per mulia tanaman kaktus itu hingga alhasil menjadi banyak. Namun, meski ukurannya kecil, Fenita mengaku tanaman-tanaman kesayangannya itu tidak berharga murah.

“Kalau bicara mengenai budget , kaktus agak budget banget menurut aku. Karena kalau kita ngomongin kaktus itu udah kaya art . Potnya ini juga sangat merajai banget. Ini aku beli di daerah BSD, ini potnya udah sama tanamannya dan alhamdulillah tersebut bisa lihat ada pertumbuhannya. Terus aku beli yang ini serta soon-soon selanjutnya, ” kata dia.

Fenita turut memberikan tips merawat kaktus dan sukulen. Menurut nya, tanaman satu ini tidak boleh sering disiram. Jika keseringan disiram, bukannya tumbuh subur, kaktus malah bisa membusuk dan mati.  

“Itu udah paling penting dan bener banget. Kenapa? Kita kan di rumah selama pandemi, jadi waktunya agak berlebih. Jadi aku urusin kaktus, aku siramin, aku celik supaya gak kotor. Eh, walhasil kaktus aku malah lembek jadinya busuk, ” tuturnya.  

Wanita 34 tahun itu mengaku, mengetahui cara perawatan kaktus hasil dari browsing di Instagram serta para pecinta kaktus. Lalu, bagaimana cara menyiram kaktus yang betul?

“Jadi, cara penyiramannya adalah cuma semprot-semprot dan semprotnya di media tanahnya, jangan dalam area badannya atau di kaktusnya. Karena itu akan membuat kaktus kamu jadi lembek. Terus dalam daerah sini, akarnya atau taruh  di area yang basah. Kalo aku, taronya misalnya di beledi, terus sesuain sama potnya. Terus aku diemin, taro kurang bertambah sekitar 5-10 menit, abis tersebut kamu angkat lagi, ” sirih dia.  

Fenita menjelaskan, hal itu dilakukan supaya airnya benar-benar meresap pada jalan tanamnya.  

“Jadi, gak perlu dikasih dari untuk, tapi dari dalem aja. Siap, dia bener-bener nyampe ke targetnya atau akar dari kaktusnya. Udah gampang banget, terus misal suka bersih-bersih tinggal pake sikat aja, ” kata Fenita Arie.