Eks Kabareskrim Beberkan Penyebab Polisi Bandel Langgar Aturan

Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

VIVA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) lagi menjadi sorotan publik. Penyebabnya karena ada sederet kasus yang dilakukan anggota Korps Bhayangkara sehingga mencoreng nama institusi dalam beberapa hari ini. Ternyata, ditemukan faktor kenapa anggota polisi melakukan pelanggaran, yakni faktor individu dan organisasi.

Mantan Kepala Bareskrim Polri, Komjen (Purn) Ito Sumardi mengakui adanya beban psikologis yang dialami anggota Polri dalam menjalankan tugas. Karena, terbatasnya sumber daya manusia dan mungkin ada dari karakteristik kerawanan daerah yang berbeda-beda.

“Saya mengalami sendiri beban tugas, kondisi sumber daya manusia yang terbatas, mungkin menghadapi karakteristik dari kerawanan daerah yang berbeda-beda. Di sini kita lihat bagaimana Pak Kapolri menyampaikan saya akan ambil alih,” kata Ito dikutip dari tvOne.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Tentu, kata Ito, Kapolri ingin mengingatkan kepada jajarannya bahwa ada hal-hal yang harus dilakukan anggota di bawah yang dianggap masih belum cepat tanggap, sehingga memberikan semacam peringatan.

“Beliau juga mengingatkan jangan sampai terjadi lagi ke depan. Ini sudah menjadi tugas dari Irjen Ferdy Sambo (Kepala Divisi Propam) bahwa kejadian-kejadian ini harus seminimal mungkin tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Di samping itu, Ito melihat ada krisis kepemimpinan dengan ulah oknum-oknum anggota kepolisian yang melakukan perbuatan menyimpang. Makanya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sampai memberikan ultimatum kepada jajarannya.